Antara Kewajiban dan Kenyamanan: Analisis Keterampilan Menyimak Mahasiswa dalam Perkuliahan

Authors

  • Bening Sri Palupi Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.46306/jurinotep.v4i1.170

Keywords:

keterampilan menyimak, mahasiswa

Abstract

Keterampilan menyimak menjadi pondasi kuat bagi keberhasilan akademik mahasiswa. Tanpa memiliki keterampilan menyimak yang memadai, mahasiswa akan mengalami kesulitan mengikuti ritme perkuliahan sehingga menghambat pencapaian akademiknya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskripti dengan metode studi kasus. Partisipan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 79 mahasiswa S1 PGSD Universitas Muhammadiyah Magelang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu kuisioner dan wawancara. Uji keabsahan data yang dilakukan yaitu menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Adapun, teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis interaktif Milles & Huberman. Hasil penelitian pada aspek keterlibatan menunjukkan bahwa hanya 8,9% mahasiswa yang sangat setuju dan 17,7% setuju bahwa mereka lebih suka mendengarkan penjelasan dosen tanpa bertanya. Aspek pencatatan dalam keterampilan menyimak mahasiswa masih tergolong rendah, yakni 43% sangat setuju dan 34,2% setuju bahwa mahasiswa jarang mencatat hal-hal penting saat penjelasan materi perkuliahan dari dosen. Oleh karena itu,  dosen ataupun pendidik dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang tidak hanya mendorong mahasiswa aktif bertanya, tetapi juga dapat mendorong mereka untuk mencatat karena hal ini sangat berdampak pada efektivitas keterampilan menyimak. Selain itu, diperlukan strategi yang mampu memenuhi kewajiban dengan peningkatan kenyamanan berpartisipasi secara aktif mahasiswa sehingga perkuliahan yang terjalin di kelas lebih efektif dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, L. N. H., Rukayah, & Daryanto, J. (2021). Analisis permasalahan dalam keterampilan menyimak pada kelompok belajar kelas IV di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(3), 77–82.

Alavash, M., & Obleser, J. (2024). Brain Network Interconnectivity Dynamics Explain Metacognitive Differences in Listening Behavior. Journal of Neuroscience, 44(31), 1–17. https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.2322-23.2024

Aryani, S., Rodiyana, R., & Mahpudin. (2021). Media Audio Visual untuk Keterampilan Menyimak Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021 “System Thinking Skills Dalam Upaya Transformasi Pembelajaran Di Era Society 5.0,” 266–270.

Azzahra, A., Ibrahim, H., Rohimah, N., Nasution, S. F., & Zakiyyah, Z. (2023). Mengembangkan Keterampilan Menyimak Yang Kritis Di Kelas Tinggi. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 39–52. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i3.1380

Budiarti, W. N., & Riwanto, M. A. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E Modul) Keterampilan Berbahasa Dan Sastra Indonesia SD Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa PGSD. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 97–104. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.996

Kluger, A. N., Borut, L., Lehmann, M., Nir, T., Azoulay, E., Einy, O., & Gordoni, G. (2022). A New Measure of the Rogerian Schema of the Good Listener. Sustainability (Switzerland), 14(19), 1–29. https://doi.org/10.3390/su141912893

Lavee, E., & Itzchakov, G. (2023). Good listening: A key element in establishing quality in qualitative research. Qualitative Research, 23(3), 614–631. https://doi.org/10.1177/14687941211039402

Perayani, K., & Rasna, I. W. (2022). Pembelajaran Keterampilan Menyimak Dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 108–117. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.741

Permana, Y. S., & Cunandar, D. (2024). Guided Note-Taking Strategy in Strengthening Students’ Listening Skills. Acuity: Journal of English Language Pedagogy, Literature and Culture, 10(1), 86–96. https://doi.org/10.35974/acuity.v10i1.3777

Restuningsih, A., Jumanto, Rizkasari, E., Nurhidayah, S., & Putria, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Teknik Kolaboratif Learning Mahasiswa PGSD FKIP UNISRI. Widya Sari, 24(2), 29–36.

Septya, J. D., Widyaningsih, A., Khofifah, I. N., & Harahap, S. H. (2022). Pembelajaran Menyimak Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Multi Disiplin Dehasen (Mude), 1(3), 365–368.

Siegel, J. (2023). Written notes and listening comprehension: A correlation study. Journal of Academic Writing, 13(1), 35–49. https://doi.org/10.18552/joaw.v13i1.838

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Yin, R. K. (2009). Case Study Research Design and Methods Fourth Edition. Sage Publications.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Sri Palupi, B. (2025). Antara Kewajiban dan Kenyamanan: Analisis Keterampilan Menyimak Mahasiswa dalam Perkuliahan. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 4(1), 264–274. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v4i1.170