PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.46306/jurinotep.v3i1.79Keywords:
collaborative learning, literasi matematis siswa, aktivitas belajarAbstract
This study aims to determine the application of the Collaborative Learning model to improve mathematical literacy and student learning activities in class VII of junior high school. The method used in this study is quantitative using experimental research. The population in this study were all students of class VII of SMPN 1 Puloampel, the sample was taken using purposive sampling technique so that the samples obtained were students of class VII-B as the control class and class VII-A as the experimental class with a total of 25 students in each class. Data collection techniques used 5 essay tests, students' mathematical literacy skills, and learning activity questionnaires. The results of data analysis showed that the application of the Collaborative Learning model to improve mathematical literacy and student learning activities was better than conventional learning
Downloads
References
Afriana, J., A. Permanasari,&A. Fitriani. 2016. Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA,2(2): 202-212.
Afriyanti, I.,Wardono, &Kartono. 2018. Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 608-617).
Agustianti, R., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Core ( Connecting , Organizing , Reflecting , Extending ). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.1-6
Ahmad, M. (2019). Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa sekolah menengah pertama melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Education and Development, 7(2), 103-103.
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
Ambiyah, Rista. 2013. Penerapan Model Colaborative Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Kalor Kelas VII MTsS Ma’arif Tanjungsari Sumedang. Diploma Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Ardian. 2014. Penerapan Model Collaborative Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa Geografi Siswa kelas VIII MTsS Lam Ujung Aceh Besar. Skripsi. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala Darussalam.
Ari Damayanti, N. K., Suarsana, I. M., & Suryawan, I. P. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Collaborative Learning Model. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 11(1), 33–42.
Elizabert E. Barkley,dkk. 2014. Collaborative Learning Techniques. Bandung : Nusa Media.
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2013. Johar, Rahmah. “Domain Soal PISA Untuk Literasi Matematika.” Jurnal Peluang 1, no. 1 (2012): 30
Karisma, Ana. 2015. Pengaruh Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Prisma. Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Kurniawati, Chintya. 2017. Pengaruh Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Kanisius Kalasan pada Topik Bahasan Operasi Aljabar menggunakan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Jigsaw II tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Losita, Dewi. 2014. Penerapan Model Collaborative Learning Dengan Teknik Thinking Alaoud Pair Problem Soulving (TAPPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kota Jambi. Skripsi Jambi : Universitas Jambi
Mahuda, I., Nasrullah, A., & Marlina, M. (2021). Kontribusi Self-Concept Matematis dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 51. https://doi.org/10.30738/wa.v5i1.9886
Marlina, M. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMP dengan Strategi Pembelajaran Kolaboratif Developing Geometry Learning Kits for Junior High Schools with Collaborative Learning Strategies. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 146–159.
Muhamad Subhi, S., Nursuprianah, I., & Izzati, N. (2020). Pengaruh Pembelajaran Matematika Al-Qur’an dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v2i1.16207
Nikmatul Atiyah, Budi Usodo, Henny Ekana, ????Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Quantum Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VIIG SMP Negeri 1 Ngawen Klaten”, Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi, Vol. II No. 4.
Oktaviani, R., Fatimah, A. T., & Nuraida, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Dalam Penyelesaian Soal Matematika Berbasis Cerita. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 433. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6698
Purba, E. B. (2019). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika Dan Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 1 Tebing Tinggi.
Rahmayati, Nurma Adya. 2017. Pengaruh Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Pecahan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Papar Tahun 2016/2017. Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sanjayawati, E. (2015). Penerapan Pendekatan Kontesktual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK di Kota Cimahi. Didaktik, 9(1), 33–39.
Widya, Roshandi. 2015. Meningkatkan Aktivitas dan Kreatifitas Siswa SMAN 6 Kediri. Skripsi Malang : Universitas Negeri Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febriliati, Mira Marlina, Vidya Ayuningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.