PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DAN KUADRAT

PENELITIAN TERHADAP SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 TASIKMALAYA

Authors

  • Nani Nurkomala SMK Negeri 1 Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i2.71

Keywords:

pendekatan kontekstual, hasil belajar, pembelajaran interaktif, contextual approach, learning outcomes, interactive learning

Abstract

A contextual approach is thought to be able to make students active in the learning process. Therefore, the researcher intends to carry out research using a contextual approach to the material on systems of linear and quadratic equations in class The aim of this research is to determine whether or not the contextual learning model can improve learning outcomes for students in class X Accounting 2 at SMK Negeri 1 Tasikmalaya for the 2022/2023 academic year. Classroom action research using descriptive research methods. The research subjects were 38 people in class X Accounting 2 of SMK Negeri 1 Tasikmalaya City. The research was carried out with 3 learning cycles. Data is collected by carrying out tests every cycle, daily tests, observations, and questionnaires. Based on the analysis of the collected data, it was concluded that using a contextual approach to the material on systems of linear and quadratic equations, the average aspect of understanding the problem was 93.65%, the aspect of planning the solution was 67.25%, the aspect of carrying out the solution was 87.69% and the aspect of checking the results 63.94 %. Learning with a contextual approach can improve students' abilities in solving problems in systems of linear and quadratic equations. This can be seen from the increase in average mastery of each cycle and daily test. From cycle I to cycle II it increased by 14.63% and from cycle II to cycle III it increased by 12.67%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika untukSMA/MA. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, R.M. (2005). Analisis Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah Polya. Skripsi. Tasikmalaya: FKIP Unsil, tidak dipublikasikan.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud bekerjasama dengan Rineka Gipta.

Karso, dkk. (1993). Dasar-dasar Pendidikan MIPA. Jakarta: Depdikbud.

Rahadiansyah, Ervin. (2005). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pemecahan Masalah dalam Upaya untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Skripsi. Tasikmalaya: FKIP Unsil, tidak dipublikasikan.

Ratnaningsih, Nani. (2003). Mengembangkan Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis. Bandung: PPS UPI, tidak dipublikasikan.

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

. (2003), Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non EksaktaLainnya. Semarang: UNNES Press.

Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sardinian, A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suherman, Erman, et.al. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.

Suherman, Erman. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA UPI.

Sumarmo, Utari, et.al. (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Siswa SMP. Laporan Penelitian. Bandung: FPMIPA UPI.

Susilawati, Iceu. (2005). Penggunaan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Skripsi. Tasikmalaya: FKIP Unsil, tidak dipublikasikan.

Syah, Muhibbin. (1999). Psikologi Belajar. Bandung: Depag. (2005). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim MGMP Matematika. (2004). Penuntun Belajar Matematika SMA IB. Tasikmalaya.

Tim PGSM. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud.

Wardani, Sri. (2002). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Laporan Penelitian. Tasikmalaya: tidak dipublikasikan. (2004). Pembelajaran pada Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah.Diseminarkan. . (2006). Bahan Ajar Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika SMU (2). Tasikmalaya: Universitas Siliwangi

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Nurkomala, N. . (2022). PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DAN KUADRAT: PENELITIAN TERHADAP SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 TASIKMALAYA . Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 250–267. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i2.71