PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.46306/jurinotep.v2i2.63Keywords:
Course Review Horay, Pemahaman Konsep Matematika, Siswa Sekolah DasarAbstract
The Effect of Course Review Horay Learning Model on Understanding Mathematics Concepts of Fifth Grade Students at SDN 6 Cibunar Kec. Cibatu Kab. Garut Academic Year 2021/2022 This study aims to determine the effect of learning mathematics with the Course Review Horay model on the understanding of students' concepts in Class V SDN 6 Cibunar. This type of research is a pre-experimental one group pretest - posttest design. This research was conducted at SDN 6 Cibunar, Cibatu sub-district, Garut district with 20 students as the subject of the study as fifth grade students. Based on research conducted by researchers and the results of data processing and analysis of pretest normality test scores because ^2 count (4.17) <χ^2 table (7.81), then the data is normally distributed. While the posttest score for ^2count (7.47) <χ^2table (7.81), then the data is also normally distributed. Meanwhile, in hypothesis testing, it is obtained that t_count> t_table is 5.63> 2.03 so that it falls in the rejection area H_0 and is in the acceptance area H_1 in this case the hypothesis submission is accepted
Downloads
References
Ambarwati, Niken Dwi. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Pada Siswa kelas V SDN Jambon.
Anitah, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Aningsih, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran IMPROVE dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kleas IV SD Negeri Pengasinan I Bekasi. PEDAGOGIK Vol. VI, No 2, September 2018.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsani, Ni Wayan, dkk. (2018). Penagaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. International Journal Of Elementary Education, hal: 183 – 191. P-ISSN: 2579– 7158 E-1SSN:2549-6050.
Awalludin, dkk. 2008.Statistika Pendidikan. Jakarta: DIKTI.
Faradita, Meirza Nanda. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. ELSE Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 2b, Desember 2017. P-ISSN:2581–1800 E-ISSN:2597- 4122
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013 Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Depok: Rajagrafindo Persada
Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Huda, Miftahul. 2015. Cooperatif Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Majid, Abdul. (2014). Penelitian Autentik Proses & Hasil Belajar. Bandung: Rosdakarya.
Maryam, Siti, dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang di Kelas VII SMP Negeri 2 Marawola. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Valome 04 Nomor 01 September 2016.
Mawaddah, Siti. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning), EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4, Nomor 1, April 2016, hlm 76 – 85.
Nahar, Arifatun, dkk. (2016) . Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Segitiga Kleas VII. JKPM, Volume 3 Nomor 1, April 2016. ISSN:2339-2444 Hal: 48-59.
Rahman, Arief Aulia. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) Berbasis Realistic Mathematics Education) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa. MAJU Volume 6 No. 1, Maret 2019, Page 1-10.
Sudijono, Anas. (2015). Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus.2015. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ejen Jenal Mutaqin, Rini Yulia, Eko Fajar Suryaningrat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.