PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN TINGKAT RELIGIUSITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI DI SMK BINTANG NUSANTARA SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i2.25Keywords:
Literasi digital, Tingkat Religiusitas, dan Hasil Belajar SiswaAbstract
Generation Z or known as the millennial generation can access, understand, evaluate, and communicate information using digital technology. With the increasing dependence of generation Z on technology in their personal life, digital literacy is an important skill that must be possessed by students to improve their learning outcomes. Generation Z tends to view the relationship between religion and religious practices in a relaxed manner compared to the following generations. This study wanted to examine the effect of digital literacy skills and students' level of religiosity on student learning outcomes. This research is quantitative research and data collection is done by direct observation, interviews, questionnaires, and tests. The results of this study indicate that digital literacy skills play an important role in influencing student learning outcomes and the level of student religiosity can motivate students to study harder it has an impact on student learning outcomes
Downloads
References
Alfisyah, K.D. & Anwar, M.K. 2018. Pengaruh Religiusitas Terhadap Kinerja Karyawan MuslimKantor Pusat PT Perkebunan Nusantara XI Karina. Jurnal Ekonomi Islam, 1(2): 100. Tersedia di https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/24058.
Amran, M. 2019. Pembelajaran Aktif Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA 1 Di Kelas 27 Mahasiswa PGSD FIP UNM. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 2(1): 2620–6307.
BPS 2020. Badan Pusat Statistik (2020). Berita Resmi Statistik No. 07/01/Th.XXIV, 21 Januari 2020. Jakarta: BPS.
Buchori, M. 2000. Pendidikan Antisipatoris. Jakarta: Kanisius.
Djamaludin, A.F.N.S. 1995. Psikologi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fauzi, M. 2021. Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pencegahan Informasi Hoaks pada Remaja di SMA Negeri 7 Kota Lhokseumawe. Jurnal Pekommas, 6(2): 77–84.
Haerudin 2018. Pengaruh Literasi numerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 401–409.
Huber, S.& O.W.H. 2012. The Centrality of Religiosity Scale. Religions, 3.
Kemdikbud 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemdikbud.
Lailiyah, S. 2017. Mathematical literacy skills of students’ in term of gender differences. AIP Conference Proceedings, 1868(August 2017).
Marliani, R. 2016. Hubungan Antara Religiusitas Dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2012. Jurnal Psikologi Integratif, .
Mulya, R. & Sulaiman, S. 2022. Pengaruh Nilai Religiusitas Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 10 Lubuk Alung. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(2): 171–185.
Mulyasa, H.E. 2014. Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rodakarya.
Mustari, M. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nisa, Z. & Fitrayati, D. 2022. Pengaruh Literasi Digital Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. 8(2): 91–100.
Nur’aini, F., Ulumuddin, I., Sari, L.S. & Fujianita, S. 2021. Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. Pusat Penelitian Kebijakan, (3): 1–10.
Pangastuti, T. 2022. Duh, Daya Saing Indonesia Merosot ke Peringkat 44 pada 2022. Investor.
Pitaloka, F.A., Supriatin, L., Azhar, N., Aini, S.Q. & Fajrussalam, H. 2022. Pengaruh Sikap Religiusitas Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3): 804–814.
Purwanto 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rianda, R., Mashudi & Ulfah, M. 2018. Pengaruh Faktor Literasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal UNTAN. ac.id, 8(April): 1–8. Tersedia di https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/32765/75676581122.
Sahrudin 2016. Peran Konsep Diri, Religiusitas, dan Pola Asuh Islami Terhadap Kecenderungan Perilaku Nakal Remaja di SMA Kota Cirebon. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Setyowati, P. & Rochmawati, R. 2021. Pengaruh Pengantar Akuntansi, Literasi Digital, Dan Self-Regulated Learning Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Akuntansi Keuangan Berbasis Daring. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2): 149–157.
Suprayitno, T. 2020. Literasi Dasar SMK Disebut Masih Tertinggal dari SMA. Balitbang dan Perbukuan Kemdikbud.
Surya Firmansyah, A., Budi Utami, A., Rista, K. & Psikologi, F. 2022. Religiusitas dann motivasi belajar pelajaran Agama Islam pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. INNER: Journal of Psychological Research, 1(2): 85–91.
Sutisna, I.P.G. 2020. Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. STILISTIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 8(2): 268–283.
Thohir, L.K. & Rafsanjani, M.A. 2021. Analisis Hubungan antara Religiusitas dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA NU Bancar. Jurnal PTK dan Pendidikan, 7(1).
Ubaidah 2022. Literasi Digital: Elemen Menyeluruh Untuk Kesuksesan Integrasi Teknologi. Jakarta.
Widyadhana, I.R. & Puspita, A.F. 2021. Pengaruh Religiusitas Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Niat Whistleblowing (Studi pada Pegawai Pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1–26
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dakun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.