ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN WEBSITE EDUKATIF TENTANG FLORA SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN LITERASI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.46306/jurinotep.v4i2.147Keywords:
Flora, literasi, media digital, Website edukatif, websiteAbstract
Permasalahan rendahnya literasi lingkungan di kalangan siswa sekolah dasar menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran digital berupa website bertema flora guna meningkatkan literasi lingkungan sejak dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode deskriptif kuali yang dilaksanakan di SDN 1 Bendo, Kota Blitar. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi, dan wawancara terhadap siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki minat yang tinggi terhadap pembelajaran berbasis teknologi dan memerlukan media yang interaktif, visual, serta kontekstual. Rata-rata kebutuhan terhadap media digital berbasis flora mencapai 80%–84,75%, sedangkan kesulitan belajar dengan metode konvensional masih tinggi. Website yang diusulkan, yaitu Flora Fakta, dirancang sebagai media pembelajaran interaktif berbasis QR Code yang menyajikan informasi flora lokal secara visual dan kontekstual. Hasil penelitian ini memperkuat urgensi integrasi teknologi digital dalam pembelajaran lingkungan hidup di sekolah dasar sebagai upaya meningkatkan kesadaran ekologis dan keterlibatan belajar siswa.
Abstract
The issue of low environmental literacy among elementary school students underlies this study. The main objective is to analyze students’ needs for the development of a digital learning medium in the form of a flora-themed website to enhance environmental literacy from an early age. This research employed a qualitative descriptive approach with a case study method conducted at SDN 1 Bendo, Blitar City. Data collection techniques included questionnaires, observations, and interviews with students and teachers. The findings revealed that students have a high interest in technology-based learning and require interactive, visual, and contextual media. The average need for flora-based digital media ranged from 80% to 84.75%, while difficulties in understanding learning materials through conventional methods remained significant. The proposed website, Flora Fakta, is designed as an interactive learning medium integrated with QR codes that present localized flora information in a visual and contextual manner. This study underscores the urgency of integrating digital technology into environmental education at the elementary level as a strategic effort to enhance students' ecological awareness and learning enga
flora, literasi, media digital, website edukatif.
gement.
Downloads
References
Agus, H., & Faridi, F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis IT. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(5), 138–149. https://doi.org/10.61132/JBPAI.V2I5.533
Alam, H., Samba, P., Putra, A., Pradyanta, I., & Putr, A. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Digital Sebagai Sarana Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri 4 Taman Bali. Informatics in Education, 22(1), 71–98. https://doi.org/10.15388/INFEDU.2023.03
Andayani, P., & Suprayitno, S. (2022). Kajian Praktik Ecoliteracy Berorientasi Education For Sustainable Development Pada Kawasan Wisata Trenggalek Agropark Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(9). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/51062
Bruner, J. S. (1964). The Course of Cognitive Growth. American Psychologist, 19(1), 1–15. https://doi.org/10.1037/H0044160
Ester, K., Sakka, F. S., Mamonto, F., Mangolo, A. E. M., Bawole, R., & Mamonto, S. (2023). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SD Gmim II Sarongsong. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 967–973. https://doi.org/10.5281/ZENODO.10421051
Fitri, T., & Hasibuan, R. (2024). Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Terpadu Alam Talago: Pendekatan Kurikulum Berbasis Teknologi TEKNOLOGI. Journal in Teaching and Education Area, 1(1), 113–129. https://doi.org/10.69673/VWD5C048
Hadi, W., Sari, Y., Maulida Pasha, N., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Interaktif Wordwall terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 466–473. https://doi.org/10.37630/JPM.V14I2.1570
Hasan, H., Bora, M., Afriani, D., & Listya. (2025). Metode Penelitian Kualitatif . In Yayasan Tri Edukasi Ilmiah. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Hasibuan, M. S., & Sapri, S. (2023). Pendidikan karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di madrasah ibtidaiyah. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 700–708. https://doi.org/10.29210/1202323151
Haya, F., Nisa, K., Ladipasa, R. F., Suriani, A., & Media, A. (2025). Pembelajaran tentang Ekosistem dan Keseimbangan Alam : Meningkatkan Kesadaran Siswa SD tentang Pentingnya Konservasi Alam dan Lingkungan. Pentagon : Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 65–73. https://doi.org/10.62383/PENTAGON.V3I2.498
Huda, U. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 2(1), 38–48. https://core.ac.uk/download/pdf/322536550.pdf
Husna, M. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Al-Faizi : Jurnal Politik, Hukum Dan Bisnis, 2(2), 166–178. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4412063
Khaulani, F., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Dasar Terkait Standar Isi Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 121–127. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.112
Nikmati, H. A. S. E. (2024). Pemanfaatan Media Ajar Interaktif Berbasis Digital dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Peserta Didik. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(5), 327–337. https://doi.org/10.47134/AKSIOLOGI.V5I2.270
Nur, H., Jusrianto, Muis, I., & Anas, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality untuk Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4 Nopember), 5337–5346. https://doi.org/10.58230/27454312.1238
Nurfadilah, W. O. (2025). Optimalisasi Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran IPS untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia Pada Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Mahasiswa Dan Akademisi , 1(1), 24–35. https://doi.org/10.91989/CZ42MM46
Rahayu, S. I., & Abbas, N. (2024). Analisis Efektivitas Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen. Bulletin of Community Engagement, 4(2), 584–595. https://doi.org/10.51278/BCE.V4I2.1436
Rengganawati, H., Widiawati, S., Salim, A., & Hermawan, I. (2024). Peningkatan Keterampilan dan Kesadaran Masyarakat Tenjolaya Melalui Pendekatan Komprehensif Untuk Efisiensi. Darma Abdi Karya, 3(1), 43–63. https://doi.org/10.38204/DARMAABDIKARYA.V3I1.1963
Sholihah, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Wordwall Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Etheses UIN Syekh Wasil Kediri.
Soerjoatmodjo, G. W. L., Widjaja, Y., Febriyantoro, M. T., Valencia, G., & Valencia, D. M. (2025). Psikoedukasi melalui majalah dinding sekolah untuk mendorong kesadaran diri dan perencanaan masa depan siswa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 6(2), 348–360. https://doi.org/10.33474/JP2M.V6I2.23403
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; 1st ed., Vol. 5).
Vygotsky, L. (1987). The collected works of LS Vygotsky: Volume 1: Problems of general psychology, including the volume Thinking and Speech.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aniva Fitri Lite Ro’atin, Erif Ahdhianto, Octa Ramadhani, M. Faishal Abyan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










